Latihan Soal Tes CPNS ‘Sejarah Nasional Indonesia’

53
0
(0)
soal tes cpns sejarah nasional indonesia - soal cpns 2020 img

Soal tes cpns sejarah nasional indonesia – Anda sedang memerlukan contoh soal tes CPNS tentang sejarah nasional?

Jika anda merupakan salah satu peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah lolos seleksi administrasi, maka kini anda harus mempersiapkan tahap tes selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Tes SKD terbagi ke dalam tiga tahap, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP).

Mengacu kepada PerMen PANRB Nomor 23 Tahun 2019, jumlah keseluruhan soal untuk ketiga Seleksi Kompetensi Dasar adalah 100 soal, yang terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK. Nilai untuk satu jawaban yang benar akan mendapat nilai 5. Sehingga nilai kumulatif maksimal dalam tes SKD adalah 500 poin. Dengan rincian nilai maksimal untuk TKP sebanyak 175, TIU sebesar 175, dan TWK sebanyak 150.

Sedangkan ketetapan nilai ambang batas atau passing grade untuk masing-masing tes SKD CPNS yang harus dipenuhi yaitu 126 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 65 untuk TWK.

Untuk latihan soal tes CPNS bidang sejarah nasional Indonesia, silahkan anda selesaikan tes berikut sampai selesai.

Pilihlah jawaban yang paling tepat menurut anda dari lima pilihan jawaban yang tersedia.

Untuk koreksi jawaban dan hasil skor yang anda peroleh akan ditampilkan di akhir tes.

Soal Tes CPNS Sejarah Nasional Indonesia: Pilihlah jawaban yang tepat dari soal-soal berikut!

Tuliskan di kolom komentar berapa skor yang anda peroleh dan jangan lupa share latihan soal tes CPNS sejarah nasional Indonesia ini kepada teman yang lainnya agar mereka bisa mengikuti simulasi latihan tes CPNS ini.

Untuk mengerjakan latihan soal CPNS materi lainnya silahkan kunjungi halaman simulasi tes CPNS online.

Pada tanggal 18 September 1948 di Madiun para tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) memproklamirkan berdirinya Republik Soviet Indonesia. Pemimpin pemberontakan tersebut yang akhirnya tertembak mati adalah .…

Benar! Salah!

Pada tahun 1944 Pemerintah Pendudukan Jepang membentuk Provinsi Sunda Kecil (Syosundashu) dengan ibukota provinsi di ….

Benar! Salah!

Kerajaan Islam pertama di Indonesia (Nusantara) adalah ….

Benar! Salah!

Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia ditulis tangan oleh Ir. Sukarno. Siapakah yang mengetik teks naskah proklamasi tersebut setelah mendapat persetujuan perihal isi dan siapa yang akan menandatanganinya?

Benar! Salah!

Nama asli dari Danudirja Setiabudhi adalah ….

Benar! Salah!

Advertisement

belajar bahasa korea kbk123

Kongres pertama Boedi Oetomo diselenggarakan di Yogyakarta, bertempat di Sekolah Pendidikan Guru Yogyakarta, berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 Oktober 1908.

Pada kongres tersebut muncul tokoh muda yang dianggap paling radikal dalam menyuarakan pendapatnya. Salah satu pendapat yang disampaikan tokoh muda tersebut secara lugas dan keras adalah menjadikan Boedi Oetomo sebagai partai politik dan bukan organisasi pendidikan dan kebudayaan.

Siapakah tokoh muda yang dimaksud?

Benar! Salah!

Kalimat Bhinneka Tunggal Ika berasal dari kalimat yang terdapat di dalam sebuah kitab tulisan pujangga Indonesia masa lalu. Apa nama kitab tersebut dan siapakah pengarangnya?

Benar! Salah!

Kata Indonesia berasal dari bahasa Yunani, yaitu Indos dan nesos. Apakah arti dua kata tersebut berikut maknanya secara keseluruhan berdasarkan asal katanya?

Benar! Salah!

Komandan Brigade 49 Divisi 23 pasukan Sekutu terbunuh dalam insiden di Gedung Internio Jembatan Merah, Surabaya tanpa diketahui siapa yang membunuhnya. Kematiannya itulah yang kemudian memicu meletusnya Peristiwa Heroik di Surabaya, 10 November 1945, antara pasukan Sekutu melawan rakyat Indonesia.

Siapakah komandan Brigade 49 Divisi 23 pasukan Sekutu tersebut?

Benar! Salah!

Melalui perjanjian apakah Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada tanggal 8 Maret 1942 dan selanjutnya Gubernur Hindia Belanda Garda van Starkenborgh Stachouwerm dibawa Jepang ke pulau Formosa (Taiwan)?

Benar! Salah!

Advertisement

panduan lengkap belajar bahasa korea kbk123

Siapakah pemimpin armada Belanda yang datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1596?

Benar! Salah!

Ia adalah seorang pangeran dari wangsa Warmadewa yang memerintah di Bali namun kemudian bertahta di Kahuripan. Kebesaran Kerajaan Kahuripan pun tercapai dalam pemerintahannya hingga pada tahun 1037 seluruh Jawa berada dalam kekuasaannya.

Siapakah raja terbesar kerajaan Kahuripan tersebut?

Benar! Salah!

Wartawan (journalist ) pertama Boemipoetera yang tercatat sebagai redaktur kepala pertama bagi sejarah orang pribumi di Hindia Belanda dan pengelola serta pemimpin 14 surat kabar, di antaranya; Pembrita Betawi, Soenda Berita, Medan Prijaji, Soeloeh Keadilan, Poetri Hindia, Sarotomo, Soeara B.O.W., Soeara Spoor dan Tram, Soearaurna adalah ….

Benar! Salah!

Perjanjian Giyanti dilangsungkan pada tanggal 13 Februari 1755 dengan hasil keputusan membagi Mataram menjadi dua, yaitu ….

Benar! Salah!

Kemenangan bersejarah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) atas pasukan Sekutu di Ambarawa kemudian diperingati sebagai Hari Infanteri, yang diperingati setiap tanggal ….

Benar! Salah!

Advertisement

belajar bahasa korea kbk123

Kitab 'Kekawin Bharatayuddha' digubah oleh Mpu Sedah pada masa pemerintahan Raja Jayabhaya. Sebelum kitab tersebut selesai digubah, Mpu Sedah meninggal dunia. Penggubahan kitab 'Kekawin Bharatayudha' kemudian dilanjutkan oleh ….

Benar! Salah!

Siapakah Gubernur Jenderal VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) yang pertama?

Benar! Salah!

Indische Partij yang didirikan di Bandung pada tanggal 25 Desember 1912 merupakan organisasi politik pertama yang bergerak di bidang politik dengan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Indische Partij didirikan oleh tiga orang yang terkenal kemudian dengan sebutan Tiga Serangkai. Salah seorang dari mereka adalah ….

Benar! Salah!

Riwayat Kerajaan Kediri berakhir pada tahun 1222 setelah raja terakhir Kerajaan Kediri ditaklukkan Ken Arok pada peperangan di Ganter. Siapakah raja terakhir Kerajaan Kediri tersebut?

Benar! Salah!

Gerakan pemberontakan itu dinamakan Darul Islam (DI) dan pasukan pemberontakan dinamakan Tentara Islam Indonesia (TII). Pemimpin pemberontakan yang telah memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia pada tanggal 7 Agustus 1949 di desa Malangbong, Tasikmalaya, Jawa Barat adalah .…

Benar! Salah!

Advertisement

panduan lengkap belajar bahasa korea kbk123

Pada tanggal 19 Agustus 1945 itu pula Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) memutuskan pembagian wilayah Republik Indonesia menjadi 8 provinsi yang masing-masing dipimpin oleh seorang gubernur.

Siapakah tokoh yang ditunjuk menjadi Gubernur Kalimantan?

Benar! Salah!

Taktik perang gerilya (wehkreise) yang diterapkan Tentara Republik Indonesia ternyata sangat merepotkan pasukan Belanda untuk menghadapinya. Salah satu ciri perang gerilya yang diterapkan Tentara Republik Indonesia adalah ….

Benar! Salah!

Karena aktivitas politiknya yang dianggap membahayakan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia, Ir. Sukarno ditangkap pemerintah Belanda pada tanggal 29 Desember 1929 dan kemudian dipenjarakan di penjara Sukamiskin, Bandung.

Dalam persidangan pada tanggal 18 Agustus 1930, Ir. Sukarno membacakan pembelaannya yang sangat terkenal dengan nama ….

Benar! Salah!

Pada tahun 1906 Raden Mas Tirtoadisuryo mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan memperjuangkan agar anak-anak Jawa bisa mendapatkan pendidikan Barat (Belanda).

Apakah nama organisasi tersebut?

Benar! Salah!

Selama 4 hari, dari tanggal 12 hingga 15 Desember 1945, terjadi peperangan dahsyat di Ambarawa, Jawa Tengah, antara pasukan Sekutu melawan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di bawah pimpinan Panglima Divisi V TKR. Tentara Keamanan Rakyat (TKR) berhasil memukul mundur pasukan Sekutu dengan taktik infanteri.

Siapakah Panglima Divisi V TKR yang memimpin Tentara Keamanan Rakyat dan menuai kemenangan membanggakan tersebut?

Benar! Salah!

Advertisement

belajar bahasa korea kbk123

Siapakah tokoh Indonesia yang dikenal sebagai perumus demokrasi ekonomi yang tercantum dalam pasal 33 Undang- Undang Dasar 1945?

Benar! Salah!

Pada akhir abad ke-19 didirikan sekolah atas gagasan Menteri Fock yang diadakan untuk mendidik calon-calon pegawai rendah.

Pelajaran yang diajarkan hanyalah sekedar membaca, menulis, dan berhitung, serta lamanya pendidikan pada sekolah tersebut berlangsung selama 3 tahun.

Disebut apakah sekolah tersebut?

Benar! Salah!

Pada tahun 1935 Organisasi Budi Utomo (BU) bersatu dengan Persatuan Bangsa Indonesia (PBI) dan membentuk sebuah partai baru yang diketuai oleh Dr. Sutomo.

Apakah nama partai tersebut?

Benar! Salah!

Penggagas Serangan Umum ke kota Yogyakarta yang ketika itu tengah diduduki Belanda adalah …

Benar! Salah!

Pada tahun 929, Mpu Sendok atau Maharaja Rakai Hino Sri Isyana Wikramadharmotunggadewa memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram ke wilayah Jawa Timur serta membentuk wangsa Isyana. Nama kerajaan kemudian berubah menjadi kerajaan ….

Benar! Salah!

Soal Ujian CPNS 'Sejarah Nasional Indonesia'
Maaf. Anda Belum Lulus!

gambar ilustrasi gagal tes ungkapan bahasa korea dan artinya

Untuk simulasi tes CPNS soal 'SEJARAH NASIONAL INDONESIA' ini Anda belum bisa melewati batas minimal skor 80% dari Total Soal.

Silahkan ulangi lagi atau kerjakan soal latihan Tes CPNS bidang lainnya di halaman Quiz KBK123 ini.

Silahkan share Try Out CPNS online ini via media sosial agar teman atau saudara Anda bisa mengikuti simulasi tes CPNS ini.

Selamat, Anda Lulus!

lulus tes cpns good bagus jempol image

Untuk simulasi tes CPNS soal 'SEJARAH NASIONAL INDONESIA' ini Anda dinyatakan LULUS. Silahkan coba kerjakan lagi soal latihan Tes CPNS bidang lainnya di halaman Quiz KBK123 ini.

Silahkan share Try Out CPNS online ini via media sosial agar teman atau saudara Anda bisa mengikuti simulasi tes CPNS ini.

Share ke teman:

Bagaimana Quiz ini menurutmu?

Klik untuk vote!

Maaf jika Quiz ini tidak menarik buat Anda!

Berikan saran agar Quiz ini lebih menarik!

Saran Anda supaya Quiz ini menarik?

Quiz KBK123?

Quiz KBK123 merupakan sub domain bertema kuis online berbahasa Indonesia dari situs utama kursusbahasakorea123.com.

Dengan semakin maraknya tren trivia quiz berbasis web seperti di situs buzzfeed, idn times, vonvon, wow indonesia, quiz today, atau games berbasis flash seperti the impossible quiz, atau quiz parampaa, menjadikan inspirasi bagi kami untuk menciptakan web ini sebagai salah satu sarana permainan hiburan sekaligus pendidikan bertema Korea.

Meskipun tidak seperti earth day quiz, selain sebagai sarana games hiburan yang menyediakan kategori kpop, drama Korea, tebak gambar, foto idol, lagu Korea, Quiz KBK123 juga menyediakan kuis edukasi bahasa Korea yang bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran bahasa Korea sambil bermain yang menyenangkan.

Perlu diperhatikan bahwa Quiz KBK123 bukan merupakan portal kuis berhadiah yang selalu jadi incaran para pemburu kuis berhadiah yang kini tengah marak aplikasinya di playstore android, atau sejenis ovo quiz dan lainnya.

Game kuis KBK123 murni memberikan topik hiburan dan pendidikan yang berkaitan erat dengan Korea. Sangat cocok untuk komunitas pecinta lagu Korea (Kpop), penggila drama Korea (KDrama), musik, film, makanan, dan semua yang berkaitan dengan bahasa dan budaya Korea (Korean Wave).

Kami mengumpulkan ide dari berbagai portal situs Korea terkenal seperti allkpop, soompi, dan koreaboo untuk menghadirkan pertanyaan-pertanyaan yang interaktif dan cocok dengan tren saat ini.

Quiz KBK123 ini masih dalam tahap pengembangan dan akan terus berkembang. Untuk ke depannya, kami akan memberikan topik yang lebih luas dan general seperti tes kepribadian, test IQ, swiper atau facebook quiz, atau jenis kuis e-learning.

Kami akan terus berusaha untuk membuat Anda terhibur dan senang untuk ambil bagian dalam mengikuti kuis online ini baik via mobile ataupun desktop.

Sebagai bahan review, kami harapkan Anda memberikan vote atau komentar tentang kuis yang telah Anda ikuti di halaman komentar facebook yang telah disediakan di halaman ini.

Punya saran atau ide kuis yang menarik?

Silahkan beritahu kami atau jika ingin berkontribusi dalam membuat atau menulis materi soal, silahkan hubungi kami di halaman kontak kami.